Friday 22 July 2016

MODUL 9: PUBLIKASI/ LITERATUR SEKUNDER


Ringkasan materi modul 9 Penyusunan Artikel dan Publikasi Sekunder
Pengarang       : Lasa Hs dan Purwanti Istiana
Penerbit           : Universitas Terbuka (2014)


KB 1. Literatur Sekunder: Pengertian, Macam, dan Fungsinya
Literatur yang merupakan bnetuk ekspresi manusia itu sebenarnya merupakan pemikiran yang terorganisir dan dituangkan dalam bentuk tulisan maupun rekaman. Tulisan mupun rekaman ini harus mengandung unsur pengembangan dan dapat dipahami orang lain.
Dari sisi lain, literatur dapat dibagi menjadi literatur fiksi dan literatur nonfiksi. Karya fiksi adalah suatu karya tulis yang berupa rekayasa, rekaan, atau karya imajinatif yang ditulis berdasarkan khayalan belaka.

Fiksi Ilmu
Karya fiksi ilmu disebut juga dengan fiksi sains, yakni karangan fiksi yang khayali dan fantastis serta melibatkan unsur kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Karya tulis nonfiksi adalah karya tulis yang disusun berdasarkan sistem pemikiran dan penalaran tertentu. karya ini misalnya berupa artikel, buku teks, makalah seminar, maupun karya akademik.
Dari sisi lain William A. Kat (1978) membagi literatur menjadi: literatur primer/ primary source, literatur sekunder/ secondary source, dan literatur tersier/ tertiary source.

Literatur Primer
Literatur primer/ primary literature disebut juga primary publication, yakni publikasi atau literatur yang merupakan hasil karya atau pemikiran asli dan baru/ original thinking seperti hasil penelitian, artikel, dan buku teks yang merupakan penerapan teori baru maupun penjelasan tentang suatu bidang. Bentuk ini pada umumnya disimpan di perpustakaan seperti disertasi, hasil penelitian, artikel jurnal, buku teks, paten, dan lainnya.

Literatur Sekunder
Literatur sekunder merupakan bentuk informasi yang merupakan petunjuk, ringkasan, evaluasi maupun kritikan terhadap literatur primer. Biasanya literatur sekunder ini merupakan modifikasi, seleksi, atau disusun kembali untuk tujuan dan pemustaka tertentu. Literatur sekunder ini akan memberikan arahan informasi yang telah terseleksi dan merangkum pengertian-pengertian terkait dalam susunan yang sistematis. Disamping itu literatur sekunder akan menyampaikan koreksi pada kesalahan dalam literatur primer.
Literatur sekunder memiliki karakteristik dan peran penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan, antara lain.
     a.       Menginformasikan adanya sumber informasi yang menyebar di berbagai tempat (perpustakaan, pusat informasi, toko buku, dan lain-lain).
      b.      Memberikan penilaian terhadap kualitas suatu informasi dan keterkaitannya dengan bidang lain.
      c.       Memberikan dasar-dasar teori, rumusan, maupun prosedur penelitian maupun pengembangannya.
      d.      Menunjukkan bidang-bidang yang terkait.
      e.       Menampilkan penemuan maupun hal-hal yang menarik.
      f.       Merangkum berbagai bidang.

Literatur Tersier
Literatur tersier adalah literatur yang menunjukkan, menafsirkan, atau menilai literatur sekunder. Bentuk literatur ini antara lain bibliografi dari bibliograi dan katalog induk. Sesuai perkembangan teknologi informasi, maka bentuk literatur tersier ini dapat berupa database maupun jaringan kerjasama antar perpustakaan. pada jaringan ini terkumpul katalog/ daftar katalog dari beberapa perpustakaan.

KB 2. Majalah Indeks dan Abstrak
Majalah indeks adalah publikasi yang terbit secara berkala memuat petunjuk tentang subjek, judul artikel majalah, nama penulis artikel, judul majalah/ jurnal, volume, nomor, bulan, tahun, dan halaman yang memuat suatu artikel.
Melalui majalah indeks seorang ilmuan dapat mengutip atau menyitir pendapat ilmuan lain dan ini menunjukkan adanya kerjasama yang baik sesame ilmuan atau para professional.
Penyusunan literatur sekunder semakin berkembang dan kini telah banyak publikasi yang memuat indeks sitiran, antara lain adalah Science Citation Index (SCI), Social Science Citation Index (SSCI), dan Art & Human Citation Index (AHCI).
Majalah abstrak adalah publikasi yang terbit secara berkala yang memuat abstrak artikel bidang tertentu yang juga dilengkapi dengan indeks subjek. Majalah abstrak ini menyajikan indeks artikel jurnal disertai abstraknya.
Contoh majalah indeks dan majalah abstrak antara lain Index of Indonesian Learned Periodicals (Indeks Majalah Ilmiah Indonesia), Indeks Biologi dan Pertanian Indonesia (Indonesian Biological and Agricultural Index), Agrindex, Science Citation Index (SCI), Chemical Abstract, dan Biological Abstract.

KB 3. Katalog Penerbit, Bibliografi, Accession List
Katalog Penerbit/ Trade Catalog
Katalog penerbit adalah daftar buku dan terbitan lain yang disusun oleh penerbit/ perusahaan rekaman atau agen disertai harga yang disebarluaskan ke perpustakaan sekolah-sekolah maupun lembaga perguruan tinggi.
Bibliografi
Secara sederhana bibliograi berarti daftar pustaka atau kajian terhadap satu buku atau lebih. Daftar pustaka ini dapat dilihat dapat dilihat pada bagian akhir artikel jurnal, laporan penelitian, dan karya akademik seperti laporan kerja praktek, skripsi, tesis, pidato pengukuhan, dan disertasi.
Bibliografi adalah suatu daftar buku-buku, karangan dalam majalah, laporan dan lainnya yang disusun menurut cara/ sistem tertentu seperti berdasarkan abjad pengarang/ author, abjad judul, subjek, dan lainnya.
Bibliografi disusun dengan maksud untuk menunjukkan apa saja yang pernah diterbitkan oleh pengarang/ penulis tertentu, judul tertentu, atau bidang tertentu. dalam hal ini bibliografi berperan untuk melengkapi katalog perpustakaan yang dengan sendirinya menuntut bibliografi untuk bisa berperan sebagaimana katalog.
Bibliografi disusun sedemikian rupa dimaksudkan agar bisa berfungsi untuk.
      a.       Membantu para ilmuan dalam penemuan kembali akan informasi di bidang mereka.
      b.      Memperkenalkan dan mempromosikan buku-buku tertentu.
      c.       Merupakan sarana pemilihan buku.
      d.      Menghindari duplikasi penelitian.
     e.       Mengetahui perkembangan perbukuan, penerbitan berkala, maupun karya rekam dari waktu ke waktu.
      f.       Membantu pengembangan ilmu pengetahuan.

Macam-macam Bibliografi
       a.       Bibliografi sistematis
Disebut juga dengan bibliografi enumeratif. Sebab untuk penyusunannya dilakukan pemilihan bahan pustaka yang akan dicakup. Disebut dengan bibliografi sistematis karena dalam penyusunannya mengikuti tatacara penulisan bibliografi yang resmi, rasional, berlaku dalam asosiasi keilmuan, dan bergerak di bidang bibliografi.
Bibliografi sistematis dapat dibagi lagi menjadi cara penyusunan menurut waktu, cakupan, dan wilayah.
1)      Berdasarkan waktu
a)      Bibliografi restrospektif/ restrospective bibliography
Disebut pula bibliografi lampau, yakni bibliografi yang mencatat terbitan-terbitan yang terbit pada masa lalu dalam kurun waktu tertentu dalam bidang tertentu.
b)      Bibliografi kini/ current bibliography
Bibliografi yang mencatat pustaka yang saat itu masih/ sedang terbit sehingga mudah didapatkan di toko buku, pameran buku, atau di perpustakaan.
c)      Bibliografi prospektif/ prospective bibliography
Bibliografi ini menyajikan daftar buku atau majalah yang akan diterbitkan.
2)      Cakupan
a)      Bibliografi umum
Mencakup berbagai disiplin ilmu dengan tidak memandang isi dan jenisnya.
b)      Bibliografi subjek
Mencakup literatur dalam bidang tertentu atau subjek khusus yang biasanya disusun alfabetis.
3)      Wilayah
a)      Bibliografi daerah
b)      Bibliografi nasional

      b.      Bibliografi analitik/ analytical bibliography
Jenis bibliografi ini juga disebut dengan bibliografi evaluatif dan bibliografi kritik. Sebab bibliografi ini menyajikan data bibliografi juga menyampaikan penilaian/ evaluasi dan kritikan terhadap suatu karya.

      c.       Bibliografi historis/ historical bibliography
Bibliografi ini secara sederhana adalah mempelajari segala sesuatu kegiatan yang berkaitan dengan perbukuan dan produksinya. Dengan demikian bidang kajian bibliografi ini meliputi proses produksi, penjualan, dan penyebarannya.

Silahkan download ringkasan materinya disini.


  1. Lucky Club Casino Site » Review & Bonus - Lucky Club
    Lucky Club is a sports betting site. It offers many different games including slot machines and sports betting. The luckyclub site allows you to bet on

    ReplyDelete